SELAMAT DATANG DI SULUH PENDIDIKAN

Cahaya untuk Dunia Pendidikan Indonesia yang Lebih Baik

Senin, 01 Desember 2008

SKENARIO PEMBELAJARAN

Materi pembelajaran : menterjemahkan tata bahasa

Standar kompetensi : mampu menerjemahkan teks sastra dari bahasa jawa kuno ke bahasa Indonesia dan memahami kaidah morfologinya

1. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

§ Kegiatan pembukaan

- Guru member salam

- Menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan pelajaran sbelumnya, dan hal-hal yang ingin diketahui dari siswa

- Menyampaikan sedikit materi tentang materi

§ Kegiatan inti

- Guru menyampaikan tentang teori menerjemahkan teks sastra

- Memberikan kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang dimengerti

- Membagikan teks sastra pada siswa, untuk diterjemahkan

- Mengikuti kegiatan siswa dalam menerjemahkan

- Mempersilahkan siswa menyampaikan hasil terjemahannya di depan kelas. Penunjukan siswa dilakukan secara acak, sehingga setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk menyampaikan gagasannya atau hasil terjemahannya

- Guru kemudian melanjutkan pada penyampaiaan beberapa hal mengenai hasil terjemahan siswa

- Tahap selanjutnya, guru menyampaikan beberapa hal mengenai morfologi bahasa jawa kuno.

§ Penutup

- Melakukan evaluasi atau kajian mengenai materi yang diberikan

- Memberikan tugas untuk meningktkan pemahaman siswa